Bab 7
Prosedur Audit Aktifitas Bagian Customer Service
Customer
Service kini bukan hanya berperan
sebagai pemberi informasi kepada nasabah, tetapi juga difungsikan juga melayani
aktifitas pra-transaksi. Tujuannya adalah membantu mempersingkat proses kerja
di bagian teller.
Disamping itu Customer
Service juga difungsikan sebagai pengontrol pada beberapa segmen aktifitas teller. Ini dimaksudkan untuk memitigasi
risiko kolusi di bagian teller.
Dengan melibatkan petugas Customer
Service sebagai kontroller, dual kontrol terhadap aktifitas teller berfungsi efektif.
Masa perkenalan telah usai . . .
Kini buku electroniknya dapat diperoleh di Google Playstore
Kini buku electroniknya dapat diperoleh di Google Playstore
PROSEDUR AUDIT OPERASIONAL BANK
(AUDIT TERAPAN BERBASIS RISIKO)
Kunjungi http://bit.ly/1LDLepk
A.
Customer
Service
Sesuai dengan namanya, tugas utama Customer Service (CS) adalah melayani
nasabah atau calon nasabah yang membutuhkan informasi tetang pelayanan dan
produk bank. Oleh karenanya petugas CS harus menguasai sebanyak-banyaknya
informasi mengenai jenis layanan dan produk bank.
Sebagian bank ada yang memberdayakan peran CS sebagai
kontroller/ pengendali operasional teller,
seperti mengawasi penghitungan uang cash
pada awal dan akhir hari, sebagai pengendali operasional layanan front office lainnya seperti
pengendalian distribusi dan aktifasi kartu ATM,
pembukaan dan penutupan rekening, dsb.
Pelayanan CS sangat signifikan di dalam membangun
citra bank. Agar petugas CS mampu
memberikan pelayanan optimal, petugas CS harus dibekali dengan wawasan
informasi produk yang cukup dan senantiasa up to date.
Secara umum pekerjaan yang ditangani bagian CS antara
lain :
- Memberi penjelasan kepada nasabah yang membutuhkan
informasi
- Menangani komplain nasabah
- Melayani pembukaan dan penutupan rekening
-
B.
Customer
Service Officer
Secara garis besar fungsi Customer Service officer
(CSO) sama dengan CS. Selain memiliki kewenangan approval/ persetujuan, ia juga bertindak sebagai kontroller –
fungsi dual kontrol baik terhadap pelayanan pada bagian CS, head teller,
maupun kepala cabang. Sebelum CSO
memberikan approval atas suatu usulan
yang diajukan CS, diwajibkan bagi CSO untuk memeriksa ulang berkas dokumen yang
diajukan oleh CS. CSO menguasai salah satu kunci kluis, juga sebagai saksi
penghitungan uang mendampingi head teller.
Namun demikian tidak selalu peran CSO seperti tersebut
diatas. Bisa jadi di perusahaan (bank) lain peran CSO berbeda dari peran di
atas.
Jika diasumsikan peran CSO seperti tersebut diatas,
aktifitas CSO antara lain sbb :
Pagi hari
No comments:
Post a Comment